Monday, March 25, 2013

UH 2 PENDAPATAN NASIONAL


1.    Adapun tujuan pendapatan nasional harus dihitung :
a. Untuk melihat kemajuan masyarakat dan negara di bidang perekonomian serta melihat pemerataan pembangunan guna mencapai keadilan dan kemakmuran.
b. Untuk melihat kemajuan masyarakat dan negara di bidang perekonomian serta melihat pemerataan pembangunan guna mencapai keadilan dan kemakmuran.
c. Untuk mengkaji dan mengendalikan faktor-faktor yang memengaruhi tingkat perekonomian suatu negara.
d. Untuk membantu membuat rencana dan melaksanakan program pembangunan berjangka guna mencapai tujuan pembangunan nasional.

2.    Menurut data yang saya dapatkan. Pendapatan perkapita Indonesia tiap tahunnya meningkat. Dan menurut data yang tercantum,  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pendapatan per kapita rakyat Indonesia di 2011 mencapai US$ 3.542 atau sekitar Rp 31,8 juta. Naik 17,7% dibandingkan dengan 2010 yang sebesar US$ 3.010 atau sekitar Rp 27 juta. Di Asia Tenggara, Indonesia jauh lebih baik dari Filipina dan Vietnam namun Indonesia pendapatan nasionalnya kalah dengan Malaysia dan Thailand karna jumlah penduduk Indonesia jauh lebih banyak dibanding dua Negara tersebut.

3.    Disuatu Negara pasti memiliki Pendapatan Perkapita yang diperoleh dari Pendapatan Nasional dibagi jumlah penduduknya. Jadi jumlah penduduk juga merupakan factor dari Pendapatan Perkapita yang didapat oleh suatu Negara pada priode tertentu. Jika Pendapatan Perkapita Indonesia dibandingkan dengan Pendapatan Perkapita Malaysia dan Thailand tentu lebih tinggi pendapatan perkapita di Malaysia dan Thailand dibanding di Indonesia karna jumlah penduduk Indonesia yang jauh lebih banyak dibanding kedua Negara tersebut. Sumber.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6QZ9nDHnLkVqvEs5jR3sm3pWiTcO9BNrfh-Vj_BLzHZDcFRqphqVycisAjiPDqfJe7PGM3jF2k2qsW6wDZkh1XW4K0PPtKw2HnRCoZSQmO0ZyJYdEJ1T6fCrBGiJxxZ7Gajc0P9tBgvMy/s400/191211tabel1.jpg


4.    Pendapatan Perkapita diperoleh dari Pendapatan Nasional pada tahun tertentu dibagi jumlah penduduk suatu negara pada tahun tersebut. Pendapatan nasional dapat dilihat dari beberapa pendekatan.
Konsep pendapatan nasional yang bisa dipakai dalam menghitung pendapatan per kapita oleh pemerintah suatu negara umumnya adalah Produk Domestik Bruto (PDB) atau Produk Nasional Bruto (PNB). 

No comments:

Post a Comment